Jumaroh mustiko

Guru SD Lereng Gunung Sumbing...

Selengkapnya

Apakah Kita Termasuk Tipe KS Era Industri 4.0

Apakah anda tahu arti era industri 4.0? Kalau yang sudah tahu syukurlah,silakan simak kalau ada kesalahan mohon dikoreksi. Bagi yang kurang faham, mungkin tulisan ini dapat sedikit membantu pemahaman anda.

Era industri 4.0 artinya era atau generasi ke-4 sejak peradaban manusia mulai berkembang,yang terdiri atas:

- Era I. : Generasi steamengine atau zaman mesin uap ditemukan dan dikembangkan.

-Era II : Generasi otomotif general fort mebuat line profuction ( saat Indonesia masih di bawah kekuasaan Hindia Belanda)

Era III : Generasi otomatisasi, era globalisasi, era digitalisasi , terjadi mulai tahun 1990 an

Era IV. : Generasi internet of things.

Walaupun istilah industri 4.0 berasal dari Jerman. Tapi dampaknya berasa sampai di Indonesia, terlebih bagi kita sebagai Kepala Sekolah yang notabene tenaga profesional. KS sangat berperan terutama dalam mengelola 8 SNP terutamat dalam mengelola PTK terutama guru. Tugas guru memang tidak bisa tergantikan dengan apapun termasuk internet sebab tugas utama guru tidak sekadar mengajar peserta didik, namaun juga mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi.

Tantangan yang tidak ringan bagi seorang guru di era industri 4.0 sebab guru dituntut menjadi guru dengan ciri-ciri:

1. Profesional : dapat mengimplementasikan 4 kompetensi guru, juga mampu memenfaatkan kemajuan teknologi informasi yang cepat.

2. Mampu memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan kualitas PBM agar dapat mempersiapkan SDM yang unggul dengan kompetensi global.

3. Profesi guru sangat lekat dengan integritas dan kepribadian.

Selanjutnya sebagai Kepala Sekolah yang merupakan atasan langsung guru hendaknya memiliki kompetensi yang lebih . Agar mampu mengkondisikan guru sebagai guru di era industri 4.0 juga menyiapkan peserta didik yang mampu eksis di era milenial sekarang ini, hidup di era industri 4.0.

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Komentar

Bergabung bersama komunitas Guru Menulis terbesar di Indonesia!

Menulis artikel, berkomentar, follow user hingga menerbitkan buku

Mendaftar Masuk     Lain Kali